Empty

Kersen Mungil Sejuta Manfaat

Anda pasti sudah sering melihat buah ini, yap sangat mudah sekali ditemukan di daerah manapun. Orang biasanya menyebutnya dengan kersen atau talok. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Muntingia calabura L. dari keluarga Elaeocarpaceae. Sangat disayangkan ketika banyak orang yang membiarkannya tumbuh tetapi tidak tahu apa saja manfaat dari tanaman ini. Dan tahukah anda bahwa hampir seluruh bagian tanaman ini punya manfaat yang luar biasa? Simak artikel berikut


Tanaman yang kuat adalah tanaman yang memiliki daya mengobati yang luar biasa, itulah prinsip yang dipegang oleh para herbalis. Kuat disini maksudnya adalah mampu bertahan di berbagai kondisi yang kurang menguntungkan bagi tanaman tersebut. Kersen termasuk tanaman pionir, jadi mudah tumbuh dimana saja, bahkan di tembok sekalipun!

Nah, kersen memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di kondisi tercekam apapun termasuk kelebihan maupun kekurangan air. Saya yakin anda sering menemukan tanaman ini di pinggir jalan sekalipun. Tanaman ini tetap hijau daunnya meskipun tanaman di sekitarnya sudah gugur dan mati daunnya. Dari sinilah para herbalis mulai menyadari bahwa pasti banyak manfaatnya.

Tanaman ini dilaporkan memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan kanker, kandungan antioksidan yang tinggi, kemampuan untuk mengurangi rasa sakit syaraf, menyehatkan kerja jantung, mengurangi efek penyakit diabetes, mengurangi efek radang, mengurangi efek asam urat berlebih, menyehatkan mata dan kemampuan menurunkan panas tubuh. Selain itu, antioksidan mampu mengurangi tanda-tanda penuaan diri dengan proses kerjanya meminimalkan keriput dan menjaga tekstur kulit, bahkan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari.

Mengapa bisa demikian? Karena dalam buah kersen terdapat 42 jenis senyawa termasuk flavonoid, fenol, vitamin C dan betakaroten yang dapat menghambat penyebaran racun dalam tubuh. Belum lagi kandungan lainnya yang juga bermanfaat seperti riboflavin, tiamin, hingga niacin.

Itu baru dari buahnya saja lho, ternyata bagian lain pun bermanfaat. Kayu kersen dapat digunakan sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas digunakan sebagai bahan tali dan kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan teh untuk pengobatan juga karena kandungan senyawa yang mirip seperti di dalam buah.

Jadi bagaimana? Semakin tertarik untuk mengkonsumsi kersen. Anda bisa membagikan pengalaman anda tentang kersen dengan orang lain melalui aplikasi RiTX ini. Yuk tambah wawasan dengan cara pintar

RiTX - Prosperity in your hands!

 

Sumber:

PHCOG J Journal, CNN Indonesiaomkicau.comfoodnsport

  • Missing Image
    Muhamad Ikaf H
    wah bagus sekali ini
  • Missing Image
    Muhlisin
    apakah talok bisa dijadikan pestisida nabati?
  • Missing Image
    Arif Priyanto
    info bermanfaat
  • Missing Image
    Muh Safari
    sejak kecil kersen atau di daerah saya diberi nama Talok sudah sering makan karena manis, tetapi blm tahu manfaatnya. utk pemanfaatan daun kersen / Talok sebagai teh juga baru tahu. utk yg tahu cara pembuatan teh daun kersen/Talok untuk bisa berbagi pengalamannya
  • Missing Image
    Pramono
    pernh mengaplikasikanya untuk ibu saya yg penderita diabetes dan sudah t
  • Missing Image
    SUBROTO WAHYU UTOMO
    Semua yang ALLAH SWT ciptakan semuanya memberi manfaat ke semua makhluk Nya.......
  • Missing Image
    SUBROTO WAHYU UTOMO
    Alhamdulillah.....
  • Missing Image
    Santoso Rochyana
    Moler pd tanaman bawang
  • Missing Image
    MARYANA
    hama cabai