Empty

Membuat Pupuk Organik dari Kulit Pisang

Kulit pisang seringkali hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau dibuang begitu saja. Padahal, kulit pisang mengandung unsur hara yang banyak dibutuhkan tanaman, salah satunya unsur nitrogen. Nitrogen penting dalam merangsang pertumbuhan batang, cabang dan daun tanaman.

 

Kulit pisang mengandung beberapa unsur baik untuk pertumbuhan tanaman

Sumber : idea.grid.id

 

 

Tak hanya itu, kulit pisang juga mengandung kalium, fosfor, potasium, magnesium, sulfur, dan sodium yang juga mendukung pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, kulit pisang merupakan salah satu limbah rumah tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pupuk organik cair ataupun padat.

 

Cara Mengolah Kulit Pisang Menjadi Pupuk Bermanfaat

Untuk dimanfaatkan sebagai pupuk, kulit pisang sebenarnya dapat langsung ditanam begitu saja di tanah. Hanya saja, penambahan bahan pendamping dalam pembuatan pupuk organik cair kulit pisang dapat memberikan efek lebih cepat terhadap pertumbuhan tanaman.

 

Untuk pembuatan pupuk organik cair kulit pisang, Anda cukup menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Bahan-bahan yang digunakan meliputi kulit pisang, gula pasir, air bersih, dan botol bekas.

 

Seluruh bahan dimasukkan dalam botol sesuai dengan urutannya

Sumber : www.sharepanduan.com

 

Proses pembuatan pupuk organik cair kulit pisang dimulai dengan membersihkan terlebih dahulu botol bekas yang akan digunakan. Selanjutnya, Anda dapat menghaluskan kulit pisang dengan menggunakan blender atau dicincang halus. Kemudian, larutkan dua sendok makan gula pasir dalam botol berukuran 1500 ml. Setelah gula pasir larut, masukkan cacahan kulit pisang ke dalam botol dan tambahkan air bersih sebatas leher botol.

 

Tutup botol dengan rapat selama 7 – 10 hari. Anda dapat membuka tutup botol setiap hari untuk mengeluarkan gas dari proses fermentasi. Setelah jadi, pupuk organik ini dapat langsung dikocorkan ke tanah atau media tanam.  

 

 

Sumber : ilmubudidaya.com

  • Tuapattinaya, P. M. J. dan Feby T. 2014. Pemberian Pupuk Kulit Pisang Raja (Musa saplentum) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). Biopendik: 1(1).
  • Manis, I., Supriadi, dan Irwan, S. 2017. Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang sebagai Pupuk Organik Cair dan Aplikasinya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir). J. Akademika Kim 6(4): 219-226.
    Belum ada komentar