Empty

Mudah! Yuk Membuat Pupuk Organik dari Air Cucian Beras

Air cucian beras sering hanya terbuang begitu saja sebab dianggap tidak berguna. Padahal limbah organik ini mengandung banyak nutrisi dan beberapa jenis bakteri baik yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman.

 

Air cucian beras

 Sumber : suryamalang.tribunnews.com

 

Kandungan Bermanfaat dalam Air Cucian Beras

Air cucian beras mengandung setidaknya 90% karbohidrat dan sisanya berupa vitamin, mineral serta protein. Penggunaan air cucian beras ini akan membuat tanaman tumbuh subur.  Pasalnya, suplai karbohidrat untuk proses pembentukan hormon pertumbuhan tanaman berupa auksin, giberelin, serta alanin terpenuhi dengan baik.

 

Air cucian beras mengandung hormon pertumbuhan dan bakteri baik

Sumber : www.naturallivingideas.com

 

Tak hanya memenuhi kebutuhan unsur hara pada tanaman, air cucian beras juga mengandung beberapa bakteri baik. Bakteri ini mampu mengendalikan pertumbuhan jamur penyebab penyakit dan bisa mencegah kehadiran hama jenis kutu-kutuan

 

Beberapa bakteri baik yang terkandung dalam air cucian beras meliputi Pseudomonas fluorescens, Pektolitik pectin, dan Xanthomonas maltophilia. Bakteri ini mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab penyakit serta hama tanaman dengan cara merusak proses perkembangbiakan jamur, menghasilkan hormon tumbuh, dan menginfeksi sel hama.

 

Cara Membuat Pupuk Cair dari Air Cucian Beras

Anda sebenarnya dapat memanfaatkan air cucian beras untuk pupuk tanaman secara langsung, tanpa proses pengolahan lebih lanjut. Hanya saja, pengaruhnya terhadap tanaman akan lebih baik apabila ditambahkan bahan-bahan tertentu.

 

Air cucian beras dapat digunakan langsung, tapi akan maksimal saat diproses lebih lanjut

Sumber : www.pertanianku.com

 

Bahan-bahan yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan pengaruh air cucian beras sebagai pupuk cair organik diantaranya, 100 ml cairan EM4, 250 gram parutan gula merah, 1 liter air dari kelapa tua, dan 1 butir ragi tape. Campurkan bahan-bahan ini ke dalam 10 liter air cucian beras, aduk hingga merata.  

 

Kemudian, simpan hingga 7-10 hari dalam wadah yang tertutup rapat. Pembuatan pupuk cair air cucian beras dianggap berhasil apabila sudah terdapat belatung atau ulat.

 

Cara Aplikasi Pupuk Cair Air Cucian Beras

Menyiram pupuk air cucian beras dengan bor air

Sumber : puriegarden.com

 

Sebelum diaplikasikan pada tanaman, pupuk cair dari air cucian beras ini perlu disaring terlebih dahulu.  Aplikasi pupuk ini sendiri dapat langsung dituang di dekat akar atau disiram ke seluruh bagian tanaman dengan menggunakan bor atau penyemprot air.

 

Pemupukan tanaman dengan pupuk air cucian beras dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan  nutrisi tanaman muda maupun dewasa. Tak hanya itu, pupuk cair organik dari air cucuian beras ini juga bisa digunakan sebagai pupuk awal pada persemaian bibit tanaman.

 

Sumber : 1) 2)

    Belum ada komentar