Empty

Cara Alami Mempercepat Pematangan Buah dengan Daun Lamtoro

Pemeraman buah seringkali dipertanyakan keamanannya karena penggunaan bahan kimia. Proses mempercepat pematangan buah ini, ternyata bisa dilakukan dengan cara yang lebih alami. Daun lamtoro atau daun petai cina, dapat mempercepat pematangan buah dengan cara yang lebih aman dan alami.  

 

Agar lebih cepat matang, buah perlu diperam

 

Daun Lamtoro Biasa Digunakan untuk Proses Pematangan Buah Sejak Dulu

Pemanfaatan daun lamtoro untuk mempercepat pematangan buah sebenarnya biasa dilakukan masyarakat pedesaan sejak dahulu. Mereka biasa mematangkan buah mangga atau pisang yang baru dipanen menggunakan daun lamtoro ini.

 

Daun lamtoro mengandung zat etilen untuk membantu pematangan buah

Sumber : csuvth.colostate.edu

 

Dikutip dari Liputan6.com, Hasim Ashari seorang peneliti di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika Kementerian Pertanian menyampaikan bahwa daun lamtoro mengandung zat etilen yang tinggi sehingga mampu mempercepat pematangan buah.

 

Pematangan buah terjadi karena adanya peningkatan kerja dari zat tumbuh. Hal ini mengakibatkan proses pemecahan zat tepung (amilum) dan penimbunan gula pada buah terjadi lebih cepat.

 

Tidak Semua Jenis Buah Bisa Dipercepat Pematangannya dengan Daun Lamtoro

Buah sendiri sebenarnya telah mengandung zat etilen. Kehadiran daun lamtoro hanyalah untuk membantu agar buah dapat matang sesuai keinginan. Hanya saja, tidak semua buah dapat dipercepat kematangannya dengan rangsangan zat etilen.

 

Alpukat menjadi salah satu jenis buah klimaterik

Sumber : www.devenews.com

 

Berdasarkan kandungan amilum, jenis buah dibedakan menjadi buah klimaterik dan buah nonklimaterik. Buah klimaterik mengandung banyak amilum, sedang nonklimaterik hanya sedikit.

 

Buah yang dapat dipacu proses pematangannya menggunakan daun lamtoro adalah jenis klimaterik. Buah-buahan tersebut meliputi pisang, mangga, apel dan alpukat. Sedangkan buah nonklimaterik contohnya adalah jeruk, anggur, semangka dan nanas.

 

Cara Menggunakan Daun Lamtoro untuk Pemeraman Buah

Agar buah dapat matang sesuai keinginan, buah perlu diperam. Pemeraman ini bertujuan untuk menunjang produksi etilen pada buah klimaterik sehingga dapat matang sempurna.

 

Kematang buah dapat dipercepat dengan pemeraman menggunakan daun lamtoro

Sumber : malang.merdeka.com

 

Penggunaan daun lamtoro untuk  pemeraman caranya mudah. Siapkan daun lamtoro sebanyak 20% dari berat buah yang hendak diperam. Kemudian, masukkan buah ke dalam wadah kedap udara, lalu tutup dengan daun lamtoro. Buah akan matang sempurna ketika sudah mulai tercium aromanya.

 

Sumber : 1) 2)

    Belum ada komentar