Empty

Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman dengan Cangkang Telur Ayam

Cangkang telur ayam mengandung banyak nutrisi seperti, protein, seng, fosfor, magnesium, kalium, kalsium karbonat, natrium dan mangan. Kandungan-kandungan inilah yang membuat pupuk cangkang telur ayam baik digunakan sebagai pupuk untuk beragam jenis tanaman. Tak hanya pada tanaman pertanian, tapi juga perkebunan, hingga tanaman buah dan tanaman hias.

 

Cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman | Sumber : www.sooperboy.com

 

Kandungan Bermanfaat dalam Cangkang Telur

Cangkang telur mengandung manfaat baik untuk pertumbuhan tanaman | Sumber : jabar.tribunnews.com

 

Cangkang telur ayam mengandung 95% kalsium karbonat, 3% fosfor dan 3% sisanya terdiri dari magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga. Tingginya kandungan kalsium yang merupakan unsur makro dari N, P, dan K, menjadikan cangkang telur baik untuk bahan pupuk organik. Kalsium sendiri bermanfaat untuk merangsang pembentukan akar, mengokohkan tanaman dan pengontrol pH tanah pada tanah masam.

 

Cangkang Telur Ayam Terbukti Berhasil Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Tahun 2017, mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sriwijaya, Palembang, pernah melakukan sebuah penilitian mengenai pemanfaatan pupuk cangkang telur ayam untuk merangsang pertumbuhan tanaman caisim.

 

Pertumbuhan caisim dapat dimaksimalkan dengan pemupukan cangkang telur | Sumber : fineartamerica.com

 

Dari penelitian tersebut, terbukti bahwa penggunaan 10 gram tepung cangkang telur ayam yang dicampur dengan 1liter air dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman caisim. Peningkatan pertumbuhan dapat diamati baik dari berat basah dan berat kering daun, batang, dan akar, serta jumlah dan luas daun.

 

Cara Membuat Pupuk Organik dari Cangkang Telur Ayam

Sebelum memanfaatkan cangkang telur ayam untuk bahan pupuk organik, pastikan cangkang telur dalam keadaan bersih. Kemudian, rebus dalam air panas selama 5-10 menit. Selanjutnya, cangkang dapat digiling menggunakan blender atau tumbuk hingga halus menjadi tepung.

 

Setelah cangkang telur direbus, selanjutnya dapat dihaluskan dengan diblender | Sumber : www.grid.id

 

Untuk pengaplikasian pada tanaman, campurkan tepung cangkang telur ayam dengan tanah sebagai media tanam, seperti pada penggunaan pupuk biasa.

 

Selain itu, tepung cangkang telur ayam juga bisa diolah menjadi pupuk cair. Cara membuatnya, larutkan tepung cangkang telur ayam dalam air, rebus sampai mendidih kurang lebih selama 3 hingga 5 menit. Diamkan hingga dingin baru kemudian semprotkan larutan ini pada tanaman. 
 

Tak hanya bermanfaat meningkatkan pertumbuhan tanamanan, menggunakan cangkang telur ayam sebagai pupuk juga mengurangi limbah sampah dapur.

 

Sumber: 1)

2) Nurjanah, Rahmi S., Khoiron N. 2017. Pengaruh Pemberian Tepung Cangkang Telur Ayam (Gallus gallus domesticus) terhadap Pertumbuhan Tanaman Caisim (Brassica juncea L.) dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, Universitas Sriwijaya.

    Belum ada komentar