Empty

Cara Ampuh Membasmi Hama dan Jamur dengan Kecombrang

Kecombrang merupakan salah satu jenis tanaman yang bunganya sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Namun, tahukah Anda ternyata tanaman dengan nama latin Etlingera elatior ini dapat digunakan sebagai pestisida nabati yang mampu membasmi hama dan jamur pada tanaman?

 

Kecombrang memiliki beberapa bahan aktif bermanfaat | Sumber : resepkoki.id

 

Mengenal Tanaman Kecombrang

Tanaman kecombrang | Sumber : www.homeyhawaii.com

 

Kecombrang merupakan jenis tanaman semak dengan tinggi 1-3 meter dan termasuk dalam keluarga jahe-jahean.  Tanaman ini memiliki bunga berbonggol dengan warna merah jambu. Kecombrang mengandung beberapa bahan aktif seperti polifenol, alkaloid, flavonoid, steroid, saponin dan minyak atsiri. Bahan aktif ini lah yang membuat kecombrang bisa digunakan sebagai pestisida.

 

Tak hanya itu, bunga kecombrang juga bersifat fungisidal (dapat membunuh cendawan dan menghambat pertumbuhan cendawan jamur) bagi jamur Penicillium dan Aspergillus. Jamur ini merupakan penyebab busuk buah pada stroberi, anggur, mangga, dan salak.

 

Kandungan dalam Kecombrang

Bahan aktif flavonoid dan saponin pada kecombrang memberikan efek mematikan bagi hama pengganggu tanaman. Flavonoid bersifat menghambat makan dan toksik (racun) bagi serangga. Sedangkan saponin dapat digunakan sebagai insektisida dan larvasida karena mampu merusak sistem pencernaan serangga.

 

Kehadiran jamur putih pada salak dapat dihalau dengan memanfaatkan kecombrang

Sumber : www.lewiorganics.com

 

Selain itu, bahan aktif alkaloid pada kecombrang yang memiliki sifat antimikroba, dapat digunakan untuk mengendalikan jamur penyebab penyakit tanaman. Ekstrak bunga kecombrang juga dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan Chalaropsis sp. (jamur putih pada salak), serta jamur perusak produk panggan seperti Aspergillus flavus, Penicillium funiculosum dan Rhizopus oligoporus.

 

Cara Membuat Pestisida Kecombrang

Anda dapat membuat pestisida kecombrang dengan bahan dan alat sederhana. Alat dan bahan tersebut diantaranya, 100 gram kecombrang (baik bagian daun, bunga, batang maupun rimpang), 1 liter air, dan penyaring.

 

Bagian daun, bunga, batang, dan rimpang kecombrang dapat digunakan untuk bahan pestisida | Sumber : www.pertanianku.com

 

Setelah bahan dan alat tersedia, Anda dapat menumbuk terlebih dahulu kecombrang hingga halus. Kemudian, masukkan pada 1 liter air dan aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, campuran tersebut disaring hingga ampas dan sari kecombrang terpisah.

 

Pengaplikasian pestisida kecombrang ini dapat dilakukan dengan menyemprot bagian buah yang belum matang sempurna. Aplikasi ini diharapkan dapat menghasilkan buah dengan kualitas unggul karena terbebas dari serangga dan jamur.

 

 

Sumber : 1) 2)

  • Pratomo A., Christanti S., dan Y.M.S. Maryudani. 2009. Identifikasi dan Pengendalian Jamur Busuk Putih Buah Salak dengan Ekstrak Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa). Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia, Vol. 15 : 65 – 70.
  • Syarif R. A., Firdha S., Aktsar R. A. Rimpang Kecombrang (Etlingera elator Jack.) sebagai Sumber Fenolik. Jurnal Fitofarmaka Indonesia, Vol. 2 (2).
    Belum ada komentar