Empty

Ini Cara Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman dengan Serai Wangi

Serai wangi merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami. Tanaman serai wangi mengandung beragam jenis bahan aktif, salah satunya sitronelal. Bahan aktif ini memiliki bau menyegarkan namun bersifat racun bagi hama.

 

Serai wangi dapat digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit tumbuhan | Sumber : topsatu.com

 

Tempat Tumbuh Serai Wangi

Pertanaman serai mudah beradaptasi sekalipun di lahan tandus

Sumber : www.liputan6.com

 

Tanaman serai wangi dapat diperbanyak dengan cara memisahkan anakan dengan indukan atau mengambil akarnya yang bertunas. Serai wangi banyak ditanam sebagai tanaman sela di perkebunan.

 

Tanaman satu ini juga dapat dibudidayakan dengan baik di iklim panas ataupun hujan serta mampu beradaptasi di lahan yang kurang subur bahkan tandus. Meskipun begitu, serai wangi hanya bisa tumbuh pada ketinggian lahan maksimal 1200 m dpl (di atas permukaan laut) dengan produksi optimal pada 250 m dpl. 

 

Serai Wangi Mampu Mengendalikan Penyakit Tanaman

Kandungan bahan aktif  pada serai wangi lah yang membuatnya dapat digunakan sebagai pengendali jamur dan bakteri pada tanaman. Bahan aktif tersebut adalah sitronelal dan geraniol.

 

Penyakit layu tomat dapat dikendalikan dengan menggunakan serai wangi

Sumber : www.tomatonews.com

 

Bakteri Ralstonia solanacearum yang menyebabkan penyakit layu pada jahe  dan tomat misalnya, dapat ditekan perkembangannya dengan mengaplikasikan cairan serai wangi.

 

Sebagai antijamur, serai wangi terbukti dapat mengendalikan jamur penyebab penyakit baik pada tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan. Penyakit busuk buah kakao merupakan salah  satu contoh penyakit yang dapat dikendalikan dengan serai wangi baik pada skala laboratorium maupun lapangan.

 

Serai wangi dapat menekan perkembangan jamur penyebab busuk buah kakao

Sumber : flickr.com

 

Selain itu, antijamur pada serai juga dapat digunakan untuk mengendalikan jamur penyebab busuk buah ketika disimpan di gudang. Hal ini dikarenakan pestisida dari tanaman ini memiliki sifat sebagai fumigan yang dapat dengan mudah menguap untuk menjadi pengendali hama di dalam gudang

 

Bisa Untuk Mengendalikan Serangga Hama

Serai wangi dapat berfungsi sebagai penolak hama, racun kontak dan pernafasan, mengurangi nafsu makan serangga, menurunkan kemampuan hama betina bereproduksi, serta mampu mencegah peletakan telur hama di tanaman.

 

Kehadiran kepik penghisap buah kakao dapat dicegah dengan aplikasi serai wangi | Sumber : plantvillage.psu.edu

 

Beragam fungsi tersebut dapat terjadi karena serai memiliki aroma yang mampu mengacaukan pergerakan hama menuju tanaman inang. Saat serai diaplikasikan ke tanaman juga akan menyebabkan hama mengalami kematian sebab minyak atsiri mempunyai efek iritasi pada tubuh serangga.

 

Sumber : 1)

  • Bota, W., Martanto, M., dan Ferdy, S. R. 2015. Potensi Senyawa Minyak Sereh Wangi (Citronella Oil) dari Tumbuhan Cymbopogon nardus L. sebagai Agen Antibakteri. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015.
  • Harni, R. Serai Wangi sebagai Pestisida Nabati Pengendalian Penyakit Vascular Streak Dieback untuk Mendukung Bioindustri Kakao. Balai Penelitian Tanaman Industri Dan Penyegar : 213-219.
  • Missing Image
    Hady
    cara membuat pupuk organik dengan serai gimana