Empty

Menyuburkan Lahan dengan Cacing Tanah

Kesuburan lahan pertanian jadi aspek penting dalam kegiatan budidaya. Memastikan kondisi lahan cukup unsur hara, tanah tetap gembur, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik ternyata bisa terwujud dengan keberadaan cacing tanah di lahan.

 

Cacing tanah bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tanah dan tanaman | Sumber : www.conservationmagazine.org

 

Dr. Scott Subler, Ph.D pakar terkemuka tanah ekologi dan otoritas pada kesehatan tanaman, berpendapat bahwa cacing tanah memiliki mampu meningkatkan kualitas tanah serta kesehatan dan pertumbuhan tanaman.

 

Kehadiran Cacing Tanah Mampu Menyuburkan Lahan Pertanaman

Keberadaan cacing tanah di lahan budidaya bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanah. Cacing tanah membuat liang dengan memakan massa tanah dan bahan organik sehingga mencegah pemadatan tanah pada suatu lahan.

 

Kehadiran cacing tanah bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanah | Sumber : www.conservationmagazine.org

 

Cacing tanah memiliki sistem pencernaan yang mampu mengubah bahan mineral tanah menjadi bahan organik yang mudah dimanfaatkan oleh tanaman. Bahan organik tersebut berperan dalam memperbaiki sifat fisik tanah, meningkatkan aktivitas biologi tanah dan meningkatkan ketersediaan hara bagi tanaman.

 

Kelebihan Pupuk Kascing untuk Meningkatkan Kualitas Tanaman

Kotoran dari cacing tanah atau biasa dikenal dengan pupuk bekas cacing (kascing) merupakan  pupuk organik padat alami yang difermentasi langsung oleh hewan ini. Pupuk ini mengandung unsur hara, seperti nitrogen 1,79%, kalium 1,79%, fosfat 0,85%, kalsium 30,52%, dan karbon 27,13%. Ragam unsur hara tersebut efektif untuk menggemburkan tanah dan membuat tanaman tumbuh subur.

 

Kascing dapat mengembalikan kesuburan tanah akibat penggunaan pupuk anorganik

Sumber : galileewormranch.com

 

Pupuk kascing ini memiliki unsur hara yang tersedia langsung bagi tanaman. Tak hanya itu, pupuk ini mempunyai rasio C/N yang rendah sehingga dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme yang bermanfaat bagi pertanian, mampu meningkatkan serapan hara N, P dan K, mengandung auksin yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan, hingga membantu mengatasi masalah pencemaran lingkungan. Struktur tanah yang telah rusak akibat penggunaan pupuk anoganik pun dapat dikembalikan secara perlahan dengan kascing.

 

Memilih Cacing Tanah Terbaik untuk Pembuatan Pupuk Kascing

Tidak semua cacing tanah dapat digunakan untuk proses pembuatan pupuk kascing yang efisien dan efektif. Jenis cacing terbaik pembuatan pupuk satu ini adalah Eisenia fetida (cacing harimau) dan Lumbricus rubellus (cacing merah).  

 

Cacing harimau | Sumber : www.aphotofauna.com

 

Cacing merah memiliki ciri – ciri antara lain warna tubuh bagian punggung (dorsal) berwarna coklat merah sampai keunguan, tubuh bagian bawah (ventral) berwarna krem, pada bagian depan (anterior) terdapat mulut dan tak bergigi serta pada bagian belakang (posterior) terdapat anus. Sedangkan cacing harimau memiliki kekhasan dengan adanya garis menyerupai gelang di sekujur tubuhnya

 

Kedua jenis cacing ini sangat mudah untuk diternak dan dapat berkembangbiak secara cepat dibanding dengan jenis cacing lain.

 

Sumber : 1)  2) 3) 4)

 

    Belum ada komentar