Empty

Si Hitam Ini Baik untuk Kesehatan

Sejak zaman sejarah kuno, bawang putih sudah digunakan di Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, dan Cina sebagai obat. Tak hanya sebagai bumbu maasakan, si putih ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, tidak semua orang dapat mengonsumsi umbi mentah ini karena baunya. Kehadiran bawang hitam atau black garlic pun dapat menjadi pilihan alternatif .

 

Bawang hitam menjadi alternatif dari bawang putih

Sumber :www.wsj.com

 

 

Apa itu Bawang Hitam?

 

Bawang hitam enak dimakan langsung ataupun dicampur dalam masakan

Sumber :recipes.mercola.com

 

Dilansir dari laman Step to Health, bawang hitam dikenal sebagai bawang putih tua yang berasal dari proses slow cooking atau aging. Bawang hitam  merupakan hasil fermentasi bawang putih yang awalnya dikembangkan di Jepang dan Korea.

 

Bawang putih segar disimpan pada tempat dengan suhu sekitar 60-800C dengan kelembapan 70-90% selama 10-40 hari. Proses pengolahan tersebut perubahan warna, tekstur, rasa dan aroma bawang putih.  Bawang hitam memiliki rasa manis dengan sedikit asam dan tidak meninggalkan bau mulut. Meski warnanya berubah menjadi hitam legam, bawang hitam memiliki tekstur lembut..

 

Kandungan dalam Bawang Hitam

Kandungan zat gizi dalam bawang hitam hampir sama dengan bawang putih. Hanya saja, proses fermentasi mengakibatkan terjadinya perubahan zat yang terkandung.

Bawang hitam memiliki kandungan bermanfaat untuk kesehatan

Sumber : www.sbs.com.au

 

Senyawa antimikroba allicin yang menjadikan bawang putih mentah memiliki bau khas, berubah menjadi s-allyl cysteine (SAC) karena proses pelayuan. SAC merupakan antioksidan, sejenis molekul yang mampu mengurangi kerusakan sel. Senyawa ini larut dalam air dan mudah diserap oleh tubuh.

Dikutip dari acehtimes.id, Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Eniya Listiani Dewi menyampaikan bahwa bawang hitam mengandung antioksidan 10 kali lipat dari bawang putih. Selain kandungan SAC, bawang hitam juga mengandung polifenol dan asam amino yang bermanfaat sebagai antikanker, antikolesterol dan penurun kadar gula darah.

 

 

Sumber : 1) 2) 3) 4)

 

    Belum ada komentar