Empty

Cara Mudah Membuat Pupuk Organik dari Batang Pisang

Batang pisang mengandung nitrogen yang cukup banyak. Kandungan nitrogen ini berfungsi membantu tanaman dalam pembentukan vegetatif terutama akar, batang, dan daun. Selain itu, kandungan nitrogen tersebut juga mampu merangsang proses fotosintetis untuk penghijauan daun, membentuk senyawa organik pada tanaman, serta merangsang perkembangan mikroorganisme di dalam tanah.

 

Batang pisang dapat diolah menjadi pupuk

Sumber : www.youtube.com

 

Tak heran jika batang pisang berpotensi untuk dijadikan pupuk, sebagai pengganti urea. Pupuk dari batang pisang ini pun lebih ramah lingkungan tentunya.

 

Pupuk Kompos dari Batang Pisang

Membuat pupuk kompos dari batang pisang dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memotong batang pisang menjadi ukuran yang lebih kecil. Pengomposan batang pisang yang masih utuh akan memakan waktu lebih lama.

 

Pencacahan batang pisang untuk dibuat kompos

Sumber : abulyatama.ac.id

 

Untuk melakukan pengomposan, dibutuhkan lahan yang luas. Anda dapat membuat lubang di tanah untuk meletakkan cacahan pisang ini yang dapat dicampur dengan pupuk kandang atau limbah pertanian lainnya.

Setelah dicampur dengan merata, tutup campuran batang pisang dan pupuk kandang dengan penutup terpal plastik agar terjadi proses pengomposan. Dalam waktu kurang lebih 1 bulan, akan terlihat perubahan warna dan tekstur dari campuran batang pisang dan pupuk kandang tadi.

 

Pupuk Organik Cair dari Batang Pisang

Membuat pupuk cair dari batang pisang dapat mudah dilakukan. Siapkan cincangan 1 batang pisang yang sudah bersih dari bagian dalamnya yang putih, 300 gram gula pasir, 4 liter air sumur, tong dan karung.

Pembuatan pupuk cair berbahan dasar batang pisang dapat dimulai dengan memasukkan cincangan batang pisang ke dalam karung. Kemudian masukkan gula ke dalam tong berisi air, aduk hingga larut. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan cacahan batang pisang beserta karungnya ke dalam tong. Tutup tong dengan rapat dan tunggu hingga 10 hari.

 

Pupuk organik cair dari batang pisang

Sumber : www.saveporodisa.info

 

Jangan lupa membuka tong setiap hari dan aduk untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari campuran bahan-bahan pupuk. Setelah pengadukan selesai, tong segera mungkin ditutup rapat kembali.

Untuk mengetahui pupuk sudah matang atau berhasil tidaknya pembuatan pupuk cair batang pisang, dapat dilihat dari adonan. Apabila adonan mengeluarkan wangi seperti tape maka pupuk sudah matang dan siap untuk digunakan.

Pada pembuatan pupuk ini, Anda akan mendapatkan dua jenis pupuk sekaligus yaitu, pupuk organik padat (potongan batang pisang dalam karung) dan cairan dalam tong sebagai pupuk organik cair.

 

Manfaat Pupuk Batang Pisang

Pupuk batang pisang memiliki manfaat yang menguntungkan untuk pertumbuhan tanaman. Keuntungan tersebut diantaranya untuk merangsang pertumbuhan daun, menghasilkan buah, biji atau umbi secara maksimal.

 

Sumber : 1) 2) 3)

    Belum ada komentar