Empty

Usir Hama dengan Bunga Matahari

Pengendalian hama secara alami dapat dilakukan dengan cara menjaga kelestarian dari agroekosistem dan peranan tiap komponen pada suatu lokasi pertanaman. Salah satunya, petani dapat menanam bunga matahari untuk mencegah hadirnya hama.

 

Hamparan pertanaman bunga matahari

Sumber : www.straight.com

 

Termasuk Tanaman Refugia

Bunga matahari digunakan sebagai tanaman refugia

Sumber : www.gudangpustakailmu.me

 

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae). Bunga ini merupakan jenis tanaman refugia yang efektif untuk mengendalikan hama wereng pada tanaman padi. Mudah dibudidayakan, bisa ditumpangsari dengan tanaman lain, dan bunganya yang berwarna cerah dapat menarik serangga baik predator maupun parasitoid, jadi alasan kenapa bunga matahari merupakan tanaman yang tepat digunakan untuk pengendali hama.

 

Cara Bunga Matahari Mengusir Hama

Penggunaan pestisida dapat menyebabkan hama mati atau meninggalkan lahan pertanaman. Namun, telur serangga masih tetap tertinggal di tanaman dan sekitarnya. Aroma bunga matahari mampu mengundang kedatangan musuh alami atau pemangsa hama tanaman (predator dan parasitoid). Selain itu, adanya nektar ataupun polen pada bunga juga mampu meningkatkan kebugaran pemangsa hama untuk bergerak.

 

Predator tinggal di tanaman bunga matahari

 

Penanaman bunga matahari sebagai refugia akan meningkatkan jumlah populasi predator parasitoid. Kondisi ini membuat keseimbangan ekosistem stabil. Parasitoid yang hidup menumpang pada serangga mampu melumpuhkan hama dengan cara meletakkan telurnya pada telur atau ulat hama, sehingga hama tidak berkembang atau mati.

 

Ketika musuh alami hama seperti laba-laba, capung, tawon, dan lainnya berada di tanaman bunga matahari, maka hama tanaman seperti ulat, wereng batang coklat, hama putih palsu, akan dimangsa. Bahkan, telur hama tidak sampai menetas karena sudah diisap musuh alami yang berkembang biak pada bunga matahari.

 

Teknik Penanaman Bunga Matahari

Penanaman bunga matahari dapat disesuaikan dengan umur tanaman utama. Hal ini bertujuan agar tanaman bunga matahari sudah berbunga pada saat tanaman utama mulai tumbuh.

 

Untuk tanaman padi, waktu penanaman refugia dapat dilakukan saat pembuatan guludan selesai. Sedangkan pada tanaman sayuran, tanaman bunga matahari ditanam sebelum pengolahan lahan selesai, sehinggga pada saat tanaman sayuran sudah besar tanaman refugia sudah mulai berbunga. Bunga matahari akan mulai berbunga pada umur sekitar 3 bulan.

 

Sebelum tanaman utama berbuah, bunga matahari harus sudah mekar

Sumber : www.cairnspost.com.au

 

Penanaman bunga matahari di sekitar lahan mampu mengendalikan hama di pertanaman. Pengendalian hama dengan cara ini membantu petani mengurangi biaya pengeluaran untuk pestisida serta menjaga kelestarian lahan.

 

 

Sumber:

mitalom.com

news.detik.com

sumsel.litbang.pertanian.go.id

www.mongabay.co.id

    Belum ada komentar