Empty

Memanfaatkan Gedebok Pisang sebagai Media Tanam

Tidak semua daerah dapat menanam atau menyediakan komoditas sayuran karena keterbatasan air, suhu terlalu rendah, dan berbagai hambatan lainnya. Alam telah menyediakan solusi atas permasalahan ini dengan adanya batang atau gedebok pisang. Tanaman pisang yang hanya dapat berbuah satu kali, dapat dimanfaatkan untuk media tanam berbagai jenis sayuran.

 

Gedebok pisang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam jenis sayuran

Sumber : kabartani.com

 

Kelebihan Media Tanam dari Gedebok Pisang

Gedebok pisang mengandung banyak pati, yang berfungsi sebagai sumber nutrisi tanaman. Selain itu, media tanam ini juga memiliki senyawa penting seperti antrakuinon untuk mendorong tumbuhnya rambut akar pada tanaman. Bukan hanya itu saja, kandungan nitrogen pada gedebok pisang berperan penting dalam pembentukan vegetatif bagian tanaman terutama akar, batang, daun.

 

Tanaman jenis sayuran dapat tumbuh dengan baik di media tanam gedebok pisang

Sumber : kabartani.com

 

Gedebok pisang memiliki kandungan air yang cukup melimpah, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media tanam tanpa tanah layaknya hidroponik yang murah meriah. Kandungan air tersebut menjadikan tanaman tidak perlu disiram karena kebutuhan air sudah tercukupi.

 

Anda dapat menanam sayuran pada batang pisang yang tanamannya masih hidup ataupun telah ditebang. Sayuran ini apabila dipanen akan mengahasilkan rasa lebih manis dari biasanya dengan daun mengilap karena pisang kaya akan potasium.

 

Pembuatan Media Tanam Gedebok Pisang

Sayuran yang ditanam biasanya merupakan tanaman dengan ketinggian maksimal setengah meter seperti kangkung, sawi, bayam, daun bawang, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya. Selain itu, tanaman yang akan ditanam di gedebok pisang adalah jenis yang berusia pendek dengan kisaran pertumbuhan 30 - 40 hari. Pasalnya, lebih dari masa itu gedebok pisang akan mengering.

 

Berikut ini adalah beberapa langkah pemanfaatan gedebok pisang sebagai media tanam sayuran :

  1. Siapkan terlebih dahulu penyangga dari kayu untuk menahan batang pisang ketika diletakkan secara horizontal.
  2. Buat lubang tanam pada batang pisang dengan ukuran sekitar 15x10 cm atau bisa juga dengan menggunakan ukuran gelas minum kemasan. Atur jarak tanam antar lubang tanaman sejauh 15-20 cm. Anda dapat membuat dua jalur lubang tanam pada sebatang pisang.

 

Lubang tanam pada gedebok pisang

Sumber : www.agribisnismsg3.com

 

  1. Setelah lubang tanam jadi, Anda dapat memasukkan sampah organik sebagai sumber  nutrisi bagi tanaman. Diamkan terlebih dahulu 2-3 hari. Kemudian benih sayuran dapat ditanam disetiap lubang tanam.

 

Sumber : 1) 2) 3)

 

    Belum ada komentar