Empty

Kekurangan Unsur Seng Bisa Berbahaya untuk Tanaman Karet, Mengapa?

Salah satu unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk mendukung pertumbuhannya adalah unsur seng (Zn). Jika kebutuhan unsur hara tersebut kurang mencukupi, efeknya bisa berbahaya untuk tanaman. Salah satu tanaman yang rentan terkena dampak kekurangan Zn adalah karet.

 

Kebun tanaman karet PTPN XII

 

Zn berperan penting untuk pembentukan hormon tanaman seperti auksin hingga menekan pertumbuhan jamur di dalam organ.  Salah satu jamur yang selalu menjadi momok bagi petani karet adalah jamur Oidium. Jamur ini menyebabkan penyakit gugur daun (embun tepung).

Jamur ini menyerang tanaman karet saat periode tanaman belum menghasilkan (TBM) maupun saat periode tanaman menghasilkan (TM). Serangan yang paling berbahaya terjadi saat tanaman sudah menghasilkan lateks.

Jamur ini menyerang daun muda yang berwarna coklat. Daun yang terserang berubah menjadi berwarna hitam, layu, mengeriput, dan mengeluarkan lendir. Selanjutnya, daun muda tersebut gugur. Padahal daun muda inilah yang berfungsi sebagai alat fotosintesis. Tanpa adanya fotosintesis yang berjalan dengan baik, produksi lateks pun akan terhambat bahkan berhenti total.

 

Hifa Oidium heveae di daun muda

 

Mudah sekali untuk menemukan hifa jamur ini di permukaan daun bagian atas karena daun tampak ditutupi tepung putih. Jamur ini sangat mudah berkembang di lahan karet di atas ketinggian 200 mdpl. Iklim dengan suhu rendah, lembab, ditambah hujan yang tidak menentu menambah tingkat kemunculan jamur ini.

Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Karet Internasional (IRRDB) menunjukkan bahwa kekurangan Zn meningkatkan kemungkinan tanaman karet terserang embun tepung. Oleh karena itu, perlu penanganan khusus bagi Anda yang memiliki kebun karet dengan kondisi demikian.

Salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan pengaplikasian pupuk Zn. Unsur ini berperan penting untuk membunuh spora jamur. Seng bekerja dengan membuat kondisi dalam sel daun menjadi basa, padahal spora jamur membutuhkan kondisi asam untuk berkembang. Kondisi basa inilah yang menyebabkan perkembangan spora jamur terhambat.

 

Penghembusan belerang dan penyemprotan Zn ke tanaman karet

 

Sebaiknya, pengaplikasian pupuk Zn ini dilakukan sebelum musim hujan untuk pencegahan. Namun, jika telah terjadi serangan, maka sebaiknya lakukan penyemprotan Zn dengan penambahan sulfur (belerang). Gunakan tepung belerang dengan dosis 15 kg per hektar lalu hembuskan ke bawah permukaan daun dan batang. Jika Anda menghendaki tanaman karet memiliki ketahanan terhadap jamur Oidium, maka lakukan pemupukan Zn sejak pembibitan. Seng akan lebih mudah terserap oleh daun muda karet karena daun masih dalam tahap pertumbuhan.

 

Sumber: Nature Journal Vol.178 1956

    Belum ada komentar