Empty

Yuk Menanam Okra, Si Tanaman Penuh Manfaat

Okra atau Bendi (Abelmoschus esculentus Moench) merupakan tanaman berbunga yang termasuk dalam suku Malvaceae. Buah okra banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena memiliki kandungan gizi yang banyak seperti fosfor, vitamin A, C, E, K, serta sarat antioksidan.

 

Okra memiliki manfaat untuk kesehatan

Sumber : www.rareseeds.com

 

Okra biasa diolah menjadi berbagai masakan hingga sebagai obat. Okra dapat menurunkan kadar gula dalam darah, baik untuk kesehatan sistem pencernaan, dan mampu mencegah sembelit. Tak heran, banyak yang tertarik untuk membudidayakan tanaman ini.

 

Lingkungan Terbaik untuk Pertumbuhan Okra

Tanaman okra dapat tumbuh di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Tanah yang  berpasir hingga tanah lempung, mengandung banyak bahan organik, dan memiliki kisaran pH  6-7 sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman ini.  

 

Tanaman okra cocok dibudidayakan di negara beriklim tropis

Sumber : pixabay.com

 

Okra membutuhkan suhu udara rata-rata 24-28 derajat Celcius. Suhu udara yang lebih tinggi akan mempercepat pertumbuhan okra, tetapi dapat membuat bunga cepat layu dan menunda pembuahan. Petani dapat menaman buah ini baik pada musim hujan maupun kemarau.

 

Mari Menanam Okra

Sebelum melakukan budidaya okra, petani sebaiknya melakukan pengolahan lahan lalu membuat bedengan dengan lebar sekitar 1 meter dan tinggi 30 cm dengan jarak antar bedengan 50-70 cm.

 

Benih okra dapat langsung ditanam di lahan

Sumber : kidskunst.info

 

Sebelum menanam benih okra di lahan, rendam benih selama 4-6 jam untuk menyeleksi benih yang tidak bagus. Benih yang tenggelam saat perendaman-lah yang bagus ditanam di lahan.

 

Pemeliharaan untuk Optimalisasi Pertumbuhan Tanaman Okra

Okra membutuhkan kondisi tanah yang agak lembab 1 minggu pertama masa pertumbuhan. Saat tidak hujan sebaiknya tanaman disiram dua kali sehari, pada pagi dan sore. Minggu selanjutnya, penyiraman cukup dilakukan dua hari sekali atau sehari sekali, tergantung keadaan tanah.

 

Penyiraman tanaman okra disesuaikan dengan kondisi tanah

Sumber : id.wikihow.com

 

Pertumbuhan tanaman okra dapat dioptimalkan dengan pemupukan susulan. Pemupukan ZA/Urea dan KCL pertama kali dapat dikocor ketika tanaman okra berusia 10 – 15 hari setelah tanam dengan interval pemupukan berkisar 7 – 10 hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi tanaman.

Ketika tanaman telah berumur 1 bulan, pemupukan dapat dilakukan dengan cara ditabur. Penaburan pupuk Za/Urea, KCL, TSP dan NPK sebaiknya dilakukan setelah penyiraman dengan jenis dan dosis sesuai kebutuhan tanaman. Ketika tanaman mulai berbunga (memasuki masa generatif), Anda dapat menggunakan pupuk yang mengandung P dan K tinggi.

 

Saatnya Memanen Okra

Saat panen yang baik adalah pagi atau sore. Petani dapat memanen okra 2 atau 3 hari sekali sepanjang waktu 2 – 3 bulan sejak panen pertama. Pemanenan secara teratur akan merangsang pembuahan terus menerus dengan masa panen tergantung pada kondisi dan pemeliharaan tanaman.

 

Buah Okra dipanen ketika masih muda

Sumber : intisari.grid.id

 

Okra untuk konsumsi dipanen pada saat buahnya masih muda, yaitu 5-6 hari setelah bunga mekar. Panjang buah okra yang disukai konsumen adalah 6,5-9 cm. Jika panjang buah lebih dari 12 cm, buah okra ini sudah tua dan tidak layak untuk dikonsumsi. Buah yang sudah terlalu tua dapat digunakan untuk benih dengan membiarkannya kering di pohon.

 

Sumber:

agroteknologi.id

farming.id

mitalom.com

www.alodokter.com

www.jurnalasia.com

    Belum ada komentar