Empty

Bukan Sampah, Yuk Manfaatkan Batang Pisang!

Tanaman pisang mudah hidup di berbagai jenis lahan. Ketika belum menghasilkan buah, tanaman pisang akan selalu tumbuh kembali meskipun telah ditebang berkali-kali. Pertumbuhannya baru berhenti setelah menghasilkan buah dan tunas yang akan tumbuh menggantikan induknya.  Maka, tak heran jika banyak ditemukan batang pisang yang dibiarkan begitu saja hingga membusuk setelah ditebang. Padahal, batang pisang bisa memiliki nilai ekonomi.

 

Description: Gambar terkait

Batang pisang dapat diolah menjadi lebih bernilai guna

Sumber : silverbirdtv.com


 

Batang Pisang sebagai Media Tanam

Description: Hasil gambar untuk bertanam di gedebog pisang

Menanam dengan media gedebok pisang

Sumber : urbanina.com

 

Batang pisang atau juga sering disebut dengan gedebok, dapat dimanfaatkan sebagai media tanam sekaligus media tumbuh tanaman sayuran seperti kangkung, sawi, terong, cabai dan berbagai jenis sayuran lainnya. Pasalnya, gedebok pisang mengandung banyak pati yang berguna sebagai sumber nutrisi tanaman. Selain itu, terdapat pula mikroorganisme baik yang bermanfaat dalam proses pembuatan kompos.

Gedebok pisang juga memiliki senyawa penting seperti flavonoid, saponin, dan antrakuinon yang mampu merangsang tumbuhnya rambut-rambut akar pada tanaman. Tak hanya itu, gedebok pisang yang berstruktur lembut tersebut juga mengandung kadar air sebanyak 80%. Maka, tak heran ia cocok sebagai media tanam berbagai jenis sayuran.

 

Kerajinan Berbahan Pelepah Pisang

Gedebok pisang yang telah dikuliti dan dikeringkan, akan berubah menjadi sebuah kerajinan bernilai ekonomi tinggi di tangan orang kreatif. Saat ini telah banyak benda-benda unik yang dibuat dari bahan dasar ‘sampah’ ini, seperti lukisan, tas, sandal, tempat tisu, tempat gelas dan sebagainya. Serat pelepah pisang yang lebih halus dan empuk jika dibandingkan dengan serat bahan lainnya, menjadikan hasil kerajinan ini memiliki kualitas tinggi.

 

Description: Hasil gambar untuk pelepah pisang

Beragam kerajinan tangan berbahan dasar pelepah pisang

Sumber : selarasmedia.com

 

Untuk membuat kerajinan berkualitas, pengrajin menggunakan bahan baku pelepah pisang berkriteria tertentu. Salah satu contoh pelepah pisang yang baik adalah yang sudah kering di pohon. Sehingga, ketika hendak diolah menjadi kerajinan, pengrajin tidak perlu menjemur, karena cukup diangin-anginkan saja.

Beragam produk yang telah dihasilkan oleh para pengrajin bukan saja dikenal di pasaran lokal. Konsumen dari berbagai negara di Asia hingga Eropa, menjadi pelanggan tetap produk pelepah pisang ini.

 

Sumber:

bisnisukm.com

kabartani.com

regional.kompas.com

urbanina.com

www.pertanianku.com

    Belum ada komentar