Empty

Memanfaatkan Vetsin untuk Pertumbuhan Tanaman

Vetsin atau Monosodium Glutamate (MSG), selama ini dikenal sebagai penyedap rasa. Ternyata, beragam senyawa yang terkandung di dalam vetsin juga dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman.

 

Vetsin tak hanya menjadi penyedap makanan

Sumber : hellosehat.com

 

Apa yang Membuat Vetsin dapat Menyuburkan Tanaman?

Vetsin terbuat dari tetes tebu yang diproses melalui fermentasi. Dari hasil fermentasi tersebut, dihasilkan senyawa yang mendukung pertumbuhan tanaman, antara lain C, H, O, N, dan Na.

 

Kandungan dalam Vetsin

Sumber : www.useyourbrainforscience.com

 

Setiap senyawa yang terkandung dalam vetsin memiliki peranannya masing-masing. Berikut adalah fungsi dari C, H, O, N, dan Na untuk pertumbuhan tanaman :

  1. Nitrogen (N) memiliki peran untuk memperbaiki pertumbuhan dan pembentukan bagian vegetatif tanaman seperti daun, batang dan akar. Selain itu, N juga berperan penting dalam pembentukan hijau daun sehingga bermanfaat bagi mutu tanaman penghasil daun-daunan.
  2. Natrium (Na) dapat memengaruhi tingkat kesuburan tanaman, mempercepat pertumbuhan dan pembungaan serta berperan dalam pembentukan stomata pada daun yang diperlukan untuk mengatur jalur metabolisme tanaman.
  3. Karbon (C) merupakan unsur penting dalam fotosintesis tanaman. Dibantu sinar matahari, unsur C akan berperan dalam pembentukan bahan organik.
  4. Oksigen (O) berfungsi sebagai pendukung pembentukan bahan organik tanaman.
  5. Hidrogen (H) merupakan bagian pokok dari pembentukan bahan organik.

 

Vetsin Tidak Dapat Menggantikan Fungsi Pupuk

Kandungan serta manfaat vetsin  tidak sepenuhnya dapat menggantikan peran pupuk untuk pertumbuhan tanaman. Pupuk sendiri terdiri dari berbagai macam jenis unsur hara, baik mikro maupun makro. Sedangkan vetsin hanya mengandung C, H, O, N, dan Na saja. Tanaman Anda masih membutuhkan unsur lainnya untuk pertumbuhan seperti Phosphor (P), Kalsium (Ca), Belerang atau Sulfur  (S).

 

Cara Mengaplikasikan Vetsin pada Tanaman

Menggunakan vetsin pada tanaman tidak bisa sembarangan. Anda harus melarutkannya dengan air sebelum pengaplikasian. Untuk digunakan pada tanaman cabai misalnya, Anda dapat melarutkan 5 gram vetsin dalam 1 liter air. Campuran ini bisa digunakan untuk 4 tanaman cabai yang berumur 2 minggu setelah tanam. Jika tanaman cabai Anda telah berbunga, maka larutan ini hanya cukup untuk 1 tanaman saja.

 

Pertumbuhan tanaman cabai dapat ditingkatkan dengan penambahan MSG

Sumber : www.javakarlos.com

 

Sebelum melakukan aplikasi, pastikan terlebih dahulu butiran vetsin telah larut dengan sempurna. Selajutnya, kocorkan larutan vetsin ini pada perakaran tanaman. Pengocoran dapat dilakukan setiap 7 hari sekali sampai cabai berbuah.

 

 

Sumber :

  • ilmubudidaya.com
  • kabartani.com
  • www.kompasiana.com
  • www.skeletonwatchmart.com
    Belum ada komentar