Empty

Bisa Digunakan sebagai Pupuk, Jangan Buang Nasi Basi Anda!

Nasi basi yang telah ditumbuhi jamur memang sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Namun, bukan berarti Anda harus membuangnya begitu saja. Nasi berjamur itu dapat Anda manfaatkan untuk menjadi MOL (Mikro Organisme Lokal). MOL ini dapat Anda gunakan untuk mengganti peran EM4 (Effective Microorganism 4) biakan mikroorganisme baik yang banyak digunakan dalam kegiatan pertanian.

 

Nasi yang telah ditumbuhi jamur. | Sumber: www.inspirasipertanian.com

 

 

Cara Pembuatan MOL Nasi  Basi

Pembuatan MOL dengan menggunakan nasi basi sangatlah mudah. Anda hanya memerlukan beberapa bahan, diantaranya nasi, gula pasir, dan wadah.

 

Memanfaatkan nasi sisa untuk dijadikan MOL | Sumber: www.vemale.com

 

Pembuatan MOL nasi basi dapat dilakukan dengan langkah berikut ini:

  1. Ketika nasi belum ditumbuhi jamur, maka Anda dapat membuat bulatan sebesar bola pimpong sebanyak 3-4 bulatan.
  2. Selanjutnya, simpan bulatan nasi tersebut dalam wadah. Tutup rapat selama 1 minggu. Wadah ini sebaiknya disimpan pada tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.
  3. Setelah nasi ditumbuhi jamur berwarna merah hingga kekuningan, langkah berikutnya adalah memasukkan nasi dalam botol berkapasitas 2 liter air.
  4. Buatlah laruran gula dengan perbandingan 1,5 liter air : 5 sendok gula pasir. Penggunaan gula ini berfungsi untuk menjadi sumber makanan jamur.
  5. Larutan gula selanjutnya dimasukkan ke dalam botol berisi nasi basi, kemudian tutup rapat.
  6. Letakkan botol dalam temperatur sedang.
  7. Setelah 4 hari, botol dapat dibuka untuk mengularkan gas yang ada di dalamnnya. Lalu, lakukan pengocokan agar nasi dan gula bercampur sempurna. Selanjutnya, botol dapat ditutup kembali hingga tercium bau masam seperti tapai.
  8. Ketika bau seperti tapai telah tercium, maka MOL nasi basi sudah siap digunakan dengan sebelumnya disaring terlebih dahulu.

 

Pengaplikasian MOL Nasi Basi

Campurkan MOL dengan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

 Sumber: kabartani.com

 

MOL nasi basi dapat langsung digunakan dengan terlebih dahulu dicampur dengan air. Lakukan pengenceran dengan perbandingan 1 liter MOL nasi basi : 5 liter air. Anda dapat mencampurkan larutan ini ke dalam sampah organik yang akan dijadikan pupuk kompos ataupun bisa langsung disiram ke tanaman.

    Belum ada komentar