Empty

Mengendalikan Beragam Hama dan Penyakit dengan Mimba

Semakin meningkatnya kesadaran petani akan bahaya pestisida kimia, pestisida organik yang ramah lingkungan pun semakin banyak digunakan. Salah satu pestisida organik yang digunakan adalah jenis nabati berbahan dasar biji ataupun daun mimba.

 

Larangan penggunaan pestisida. Sumber : www.nycfoodpolicy.org

 

Mimba sudah banyak digunakan sebagai pestisida nabati karena mampu mengendalikan beragam hama. Dalam sebuah penelitian disebutkan ekstrak daun mimba dapat digunakan untuk mengendalikan hama lalat buah cabai pada stadium larva dan imago. Semakin tinggi tingkat konsentrasi ekstrak daun mimba yang digunakan, maka semakin tinggi rata-rata jumlah kematian hama.

 

Kandungan dalam Biji dan Daun Mimba

Biji dan daun mimba mengandung banyak bahan aktif seperti azadirachtin, salanin, nimbin dan nimbidin. Bahan aktif ini tidak membunuh hama sasaran secara langsung. Masing-masing bahan aktif akan menyerang hama sesuai fungsinya masing-masing.

 

Daun dan biji mimba dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan hama dan penyakit.

Sumber : food.ndtv.com

 

Azadirachtin berperan sebagai zat penghambat kerja hormon ecdyson. Hormon ini berfungsi dalam proses metamorfosa serangga. Ketika azadirachtin menyerang, maka serangga akan mengalami ganggungan pada proses pergantian kulit, perubahan dari telur menjadi larva, perkembangan larva menjadi kepompong serta perubahan kepompong menjadi dewasa. Gangguan pada proses pertumbuhan serangga seringkali akan menyebabkan kematian.

Apabila ingin memperoleh manfaat azadirachtin lebih optimal, Anda dapat menggunakan biji mimba yang memiliki kandungan bahan aktif azadirachtin lebih tinggi dibanding daunnya.

 

Susunan struktur kimia azadirachtin pada mimba

 Sumber : neem.world

 

Bahan aktif salanin pada mimba memiliki peran sebagai penurun nafsu makan. Walaupun hama belum mati seketika setelah disemprot, daya serangnya telah menurun setelah kontak dengan cairan mimba. Hama akan mati dalam kisaran 4-5 hari setelah aplikasi.

 

Mengambil manfaat mimba untuk mengendalikan Organisme Penggangu Tanaman

Sumber : www.hindustantimes.com

 

Keampuhan mimba bukan saja dapat digunakan untuk mengendalikan hama serangga. Mimba dapat digunakan juga sebagai pembasmi jamur, virus, nematoda, dan bakteri. Bahan aktif yang berfungsi sebagai anti mikroorganisme seperti anti-virus, bakterisida, fungisida adalah nimbin dan nimbidin.

 

 

Sumber:

  • balitkabi.litbang.pertanian.go.id
  • Juanda dan Edi M. J. 2015. Pengaruh Ekstrak Daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss) Terhadap Mortalitas Hama Lalat Buah Cabai (Bactrocera dorsalis L.). Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram.
  • Indiati A. W. dan Marwoto. 2008. Potensi Ekstrak Biji Mimba sebagai Insektisida Nabati
    Belum ada komentar