Empty

Ingin Budidaya Tanaman meski Tinggal di Kota? Coba Tanam 5 Sayuran Ini!

Urban Farming atau pertanian urban adalah cara bertani di perkotaan yang biasanya memiliki lahan terbatas.  Untuk menerapkan pertanian urban, Anda harus mengoptimalkan lahan yang sempit. Bahkan jika perlu, menanamlah di atap rumah. Berikut ini 5 tanaman yang dapat Anda budidayakan.

 

  1. Cabai

Cabai Rawit

 

Siapa yang tidak butuh cabai? Baik itu digunakan sebagai bumbu masak hingga sekadar menjadi peneman gorengan hangat. Pilihlah tanaman cabai rawit dan cabai keriting karena ukuran tanaman yang tidak terlalu tinggi tetapi buahnya cukup lebat. Dengan perawatan yang baik, cabai bisa dipanen setiap 6 bulan sekali dan dapat tumbuh bertahun-tahun.

 

  1. Tomat

Tomat Cherry yang menjadi primadona

 

Jika ingin menanam tomat, pilihlah tanaman tomat yang berumur pendek dan jumlah buah per tandan cukup lebat. Untuk ukuran buah, sesuaikan dengan selera Anda. Sebagai tambahan informasi, akhir-akhir ini tomat cherry menjadi primadona lho. Mungkin Anda bisa coba membudidayakannya sendiri!

 

  1. Sayur Daun Hijau

Kumpulan sayur daun hijau

 

Sayuran yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah sayuran dengan daun hijau seperti bayam, kangkung, sawi pakchoy, sawi putih hingga selada. Selain umurnya yang pendek (maksimal 30 hari), pemanenan sayuran daun juga cenderung mudah. Jika Anda hanya memanen sebagian daun dan menyisakan daun muda, tananaman jenis ini akan tumbuh terus menerus hingga kembali berbunga.

 

  1. Bawang

Bawang merah dan daun bawang di tray

 

Ingin membudidayakan bawang-bawangan? Bawang merah mudah sekali untuk dibudidayakan. Anda hanya perlu peram satu umbi bawang hingga cukup tua, potong seperempat bagian ujungnya dan tancapkan ke tanah. Untuk bawang daun, perlu sedikit waktu untuk pembibitan baru kemudian Anda pindah tanam. Sayangnya, untuk Anda yang tinggal di kawasan perkotaan dataran rendah bawang putih memang sulit untuk dibudidayakan. Pasalnya, bawang putih bisa tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian minimal 800 meter di atas permukaan laut.

 

  1. Kacang Panjang dan Buncis

Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan seperti kacang panjang dan buncis menjadi pilihan lain untuk sayur pengganti sayuran daun hijau. Namun,  yang patut Anda perhitungkan adalah kedua jenis tanaman ini hanya satu kali panen saja. Selanjutnya, setelah buah dipanen, tanaman akan mati dan Anda perlu menanam ulang. Ditambah lagi, Anda perlu tiang panjat/lanjaran/ajir untuk rambatan sulur kacang panjang dan buncis.

 

Melakukan pertanian urban memang mudah. Ilmu yang dibutuhkan bisa dipelajari sendiri dan cukup sederhana. Namun, Anda memang harus cukup selektif dalam memilih tanaman agar sesuai dengan keadaan lahan yang ada.

    Belum ada komentar