Empty

Jangan Buang Bonggol Jagung!

Setiap proses pemipilan jagung akan menyisakan bonggol yang sering terbuang begitu saja. Padahal, bonggol jagung bisa diolah menjadi beragam produk yang bermanfaat dan menguntungkan. Selain itu, pengelolaan bonggol jagung juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

 

Pakan Ternak Alternatif di Musim Kemarau

Bonggol jagung mengandung nutrisi yang baik apabila digunakan sebagai pakan ternak alternatif di musim kemarau. Walaupun kandungan nutrisi bonggol jagung tidak sebanyak pada bagian bijinya, bonggol jagung bisa diolah untuk menghasilkan pakan ternak berkualitas.

 

Bonggol jagung dapat dijadikan pakan ternak seperti sapi salah satunya

Sumber : www.youtube.com

 

Langkah pengolahan pakan ternak dari bonggol jagung dimulai dengan menggiling bonggol jagung kering hingga menjadi tepung. Tepung yang disebut concobu ini mengandung asam amino, karbohidrat kompleks, protein dan mineral seperti zat besi, mangan, kalsium serta berbagai nutrisi lainnya. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk melancarkan penyerapkan nutrisi dalam pencernaan hewan.

Anda dapat mencampur tepung jagung dengan tebon jagung, sekam, dedak, jerami, rempah dan bahan formula lainnya. Penambahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kandungan nutrisi pada pakan ternak.

 

Bahan Tambahan untuk Olahan Makanan

Bonggol jagung memiliki rasa manis. Rasa manis ini dapat dimanfaatkan sebagai tambahan bahan makanan sebagai pengganti gula.

 

Bonggol jagung dapat digunakan untuk bahan tambahan makanan

Sumber : www.pertanianku.com

 

Cara pembuatannya cukup sederhana. Bonggol jagung yang masih segar digiling, kemudian direndam di dalam air hingga patinya mengendap. Pati inilah yang kemudian dapat digunakan sebagai campuran beragam olahan makanan seperti kue, es krim dan puding. Beberapa orang bahkan mengolah pati ini menjadi sup sebagai menu diet.

 

Kerajinan Bernilai Tinggi dari Bonggol Jagung

Tekstur unik pada bonggol jagung, dapat dimanfaatkan menjadi beragam jenis barang kerajinan, seperti kap lampu hias, miniatur candi, lukisan dan lainnya.

 

Kap lampu hias menjadi salah satu kerajinan yang dapat dihasilkan dari bonggol jagung

Sumber : pondokedukasidesa.blogspot.com

 

Proses pembuatan kerajinan bonggol jagung cukup rumit. Bonggol harus dihaluskan, dibentuk, dipotong sesuai kebutuhan, hingga ditempel satu persatu membentuk sebuah karya seni. Hal inilah yang menjadikan kerajinan bonggol jagung bernilai tinggi. Walaupun terbuat dari limbah, hasil kerajinan bonggol jagung ini diminati di pasaran lokal maupun internasional. Produk ini telah menjangkau beberapa negara seperti Inggris, Perancis dan berbagai negara lainnya di Eropa.

 

Sumber :

manfaat.co.id

ramesia.com

www.timesindonesia.co.id

    Belum ada komentar