Empty

Lebih Hemat dengan Membuat EM4 Sendiri

EM4 atau Effective Microorganism - 4 merupakan biakan mikroorganisme baik yang mampu memberi banyak manfaat untuk kegiatan pertanian, peternakan dan perikanan. EM4 terdiri dari bakteri genus Lactobacillus dan Actinomytes, bakteri fotosintetik dan pelarut fosfat, ragi, serta jamur fermentasi.

 

Ragam jenis EM4. Sumber: www.emindonesia.com

 

Manfaat EM4

Larutan EM4 bermanfaat untuk meningkatkan produksi dari beragam jenis tanaman seperti cabai, padi, bawang merah hingga tanaman hias. Pasalnya, EM4 dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. EM4 juga dapat membantu mempercepat proses dekomposisi bahan-bahan organik di dalam tanah dan kolam.

 

EM4 dapat diaplikasikan untuk beragam kegiatan pertanian. Sumber: www.pertanianku.com

 

Untuk di peternakan, EM4 dapat ditambahkan pada pakan ternak unggas, kambing, domba, dan sebagainya. Penambahan tersebut juga dapat dilakukan untuk menyehatkan tambak atau kolam ikan dengan memasukkan sejumlah EM4 sesuai petunjuk pakai ke dalam air tempat budidaya.

 

Membuat EM4 dari Bahan-Bahan Murah

Beragam manfaat yang dapat diperoleh dari EM4, juga bisa Anda dapatkan secara mudah dengan mengolah bahan-bahan di sekitar rumah. Bahan tersebut terdiri dari:

  1. Sampah organik, bisa kulit buah ataupun sisa sayuran yang tidak terpakai
  2. Gula pasir
  3. Air kelapa/nira
  4. Akar bambu muda, bagian dalam batang pohon pisang, ataupun akar gamal.

Campurkan kurang lebih 3kg sampah organik dengan 1kg gula pasir, 1,5 kg akar bambu muda dan  0,5 liter air kelapa sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Sampah organik untuk bahan pembuatan EM4. Sumber: kabartani.com

 

Cacah sampah organik dan akar bambu, masukan  dalam wadah yang cukup, seperti ember ataupun botol bekas. Selanjutnya, masukkan gula pasir dan air kelapa muda, lalu campur hingga merata.

Simpan campuran ini selama 7 hari, jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Setelah 7 hari, saring larutan tersebut. Hasil cairan yang didapat bisa disimpan ke dalam jerigen, kemudian ditutup rapat. EM4 buatan sendiri siap digunakan dan dapat bertahan hingga 6 bulan penyimpanan.

 

Sumber:

mediatani.co

www.nusatani.com

www.sampulpertanian.com

    Belum ada komentar