Empty

Ini Cara Mudah Menanam Sayuran dari Sampah Dapur

Ketika sedang membersihkan sayuran untuk bahan memasak, sering kita menyisakan beberapa bagian yang kemudian dibuang begitu saja. Padahal, beberapa sisa sayuran yang dianggap sampah tersebut masih dapat dimanfaatkan untuk ditumbuhkan kembali.

 

Memanfaatkan sampah dapur untuk menjadi tanaman kembali. | Sumber: media.rooang.com

 

  1. Sayur Berakar

Jenis sayuran yang memiliki bonggol seperti selada, sawi, daun bawang, kubis, dan sejenisnya dapat ditanam kembali dengan mudah. Cukup ambil bagian pangkal yang berakar kemudian letakkan dalam wadah berisi air hingga tumbuh akar.

 

Bagian bonggol sayuran yang dapat ditanam lagi. Sumber: womantalk.com

 

Jangan lupa untuk mengganti air secara berkala dan meletakkan wadah berisi bonggol di ruang yang terang. Setelah 2 pekan, pangkal batang yang telah ditumbuhi akar dapat dipindahkan ke media tanah. Bongkol yang tidak ditumbuhi akar bisa dijadikan sebagai pupuk organik.

 

  1. Tunas

Tunas pada kangkung dan nanas bisa dimanfaatkan untuk menjadi bibit tanaman. Untuk buah nanas, potong bagian tunas atau mahkota dengan pisau. Lalu, rendam dalam air hingga muncul akar baru kemudian pindah ke pot berisi tanah.

Untuk sayuran kangkung, Anda dapat menanam kembali bagian batangnya dengan cara stek. Potong batang kangkung sepanjang 15-20 cm. Rendam di dalam air hingga muncul akar, baru kemudian pindahkan ke pot berisi tanah.

 

  1. Umbi

Umbi bawang putih yang telah ditumbuhi tunas. Sumber: style.tribunnews.com

 

Bawang merah dan bawang putih yang disimpan terlalu lama akan tumbuh tunas baru. Bawang putih dan bawang merah yang telah ditumbuhi tunas tersebut dapat langsung ditanam di media tanah untuk menghasilkan tanaman baru.

 

  1. Rimpang

Jenis rimpang yang biasanya digunakan untuk rempah, dapat kita tanam kembali untuk diperbanyak dengan merendam potongan rimpang selama semalam. Di hari selanjutnya, potongan rimpang dapat dipindahkan ke dalam pot berisikan tanah subur dan gembur. Sangat disarankan untuk meletakkan pot tersebut pada kondisi pertanaman yang hangat dan cerah. Lakukan penyiraman setiap hari hingga rimpang ditumbuhi akar. Tanaman ini akan siap dipanen setelah berumur kurang lebih satu tahun.

 

Sumber:

www.grid.id

media.rooang.com

    Belum ada komentar