Empty

Bisakah Manusia Mengonsumsi Dedak sebagai Sumber Pangan Alternatif?

Bagi kebanyakan orang Indonesia, nasi memang jadi makanan pokok. Namun, bagaimana jika produksi padi tidak lagi mencukupi kebutuhan konsumsi kita? Sumber pangan alternatif tentu jadi pilihan. Ketela pohon hingga jagung, bisa jadi sumber karbohidrat pengganti nasi. Namun, bagaimana dengan dedak? Bisakah dedak jadi sumber pangan alternatif manusia?

 

Tak Sekadar Pakan Ternak

Dedak biasa digunakan untuk pakan ayam

 

Bila kadar air Gabah Kering Giling (GKG) sebesar 14%, maka setiap penggilingan padi akan menghasilkan sekam 18-20%, dedak 8-10% dan beras 47-60%. Di hampir semua penggilingan padi, dedak hanya dimanfaatkan sebagai sumber pakan bagi ternak.

Namun ternyata, dedak mengandung vitamin B yang tinggi seperti tiamin, niasin dan B6. Mereka berperan penting untuk produksi energi, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah depresi bagi manusia.

 

Memanfaatkan Dedak sebagai Sumber Pangan

Kenampakan campuran dedak untuk dapat dijadikan sumber pangan

 

Jika ingin memanfaatkan dedak sebagai sumber pangan, dedak dapat dicampurkan ke dalam tepung gandum untuk membuat roti. Alternatif lainnya adalah dibuat dalam campuran smoothies.

 

Alternatif Lainnya, Minyak dengan Harga Tinggi

Minyak hasil ekstraksi dedak padi

 

Minyak yang dihasilkan dari ekstraksi dedak padi, dikenal dengan nama Rice Bran Oil. Minyak ini mengandung vitamin, antioksidan serta nutrisi yang diperlukan tubuh manusia. Bahkan, minyak dedak dapat diolah menjadi minyak goreng yang mutunya lebih baik dari minyak kelapa, minyak sawit maupun minyak jagung. Harga minyak dedak dunia berkisar antara US$ 12-14 per liter dengan pasar utama Jepang, Korea, Cina, Taiwan dan Thailand.

 

Sumber: litbang.pertanian.go.id

    Belum ada komentar