Empty

Perhatikan 3 Langkah Penanganan Pascapanen Ini agar Harga Bawang Merah Tak Turun!

Hasil panen yang melimpah tak akan menguntungkan jika penanganan pascapanen tak dilakukan dengan tepat. Pada komoditas bawang merah misalnya, penanganan pascapanen bisa menentukan nilai jual. Ada 3 langkah penanganan pascapanen pada komoditas bawang merah yang perlu Anda perhatikan agar kualitas terjaga dan harga jual tetap tinggi.

 

Memanen Bawang Merah Sesuai dengan Kebutuhan

Sumber: www.antarafoto.com

 

Pengangkutan

Pengangkutan bawang merah dapat menggunakan berbagai macam alat, seperti sepeda, truk dan alat pengangkut lainnya. Proses pascapanen satu ini sebaiknya dilakukan pada hari yang sama ketika panen guna menghindari terjadinya layu pada umbi bawang merah. Lakukan pengangkutan dengan hati-hati, agar tidak terjadi kerusakan pada umbi yang akan mengakibatkan kerugian.

Pengeringan

Bawang merah memiliki tingkat kelembapan tinggi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengeringan segera setelah panen. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kerusakan pada umbi bawang merah. Ada dua teknik yang dapat dilakukan untuk mengeringkan bawang merah, yaitu pengeringan di bawah terik matahari atau teknologi pengeringan-penyimpanan (instore drying/rumah bawang).

Proses pengeringan dapat dihentikan ketika umbi bawang telah mencapai susut bobot 25%-40% dengan kadar air 80%-84%. Untuk mengetahui kondisi bawang merah sudah mencapai kering mati atau kering simpan, bungkus bawang merah dalam kemasan plastik tembus pandang. Apabila setelah penyimpanan selama 24 jam tidak terdapat air yang menempel pada bagian dalam plastik, maka bawang merah siap untuk disimpan atau didistribusikan ke pasar.

Penyimpanan

Sebelum melakukan penyimpanan, sebaiknya umbi bawang merah yang telah dikeringkan diletakkan terlebih dahulu di ruang terbuka selama 1-2 hari. Hal ini bertujuan untuk menurunkan panas lapang akibat penjemuran. Selain itu, lakukan penyortiran dan buang bawang merah yang rusak.

 

Penyimpanan Bawang Merah dengan Cara Digantungkan di Langit-Langit Rumah

Sumber: informasibrebes.blogspot.com

 

Penyimpanan bawang merah dapat dilakukan dengan cara menggantungkan daun bawang merah di para-para atau langit-langit rumah. Ketika melakukan penyimpanan, ruang sebaiknya dalam kondisi bersih, kering dan tidak lembab. Pastikan juga ada sirkulasi udara yang baik.

Panen yang melimpah harus disertai dengan penanganan pascapanen yang tepat. Jangan sampai Anda justru merugi karena kualitas bawang merah buruk akibat penanganan pascapanen yang salah meski panen melimpah.

 

Sumber:

agroteknologi.id

litbang.pertanian.go.id

www.bawangbawangan.com

www.epetani.com

    Belum ada komentar